15 Tips Agar Tidur Berkualitas

#MelawanDiabetes
April 8, 2016
Kartini dan Kisah Hidupnya
April 21, 2016

Tidur adalah rutinitas wajib setiap orang karena tubuh kita memerlukan istirahat setelah beraktivitas seharian penuh. Namun, banyak orang mengalami kesulitan tidur atau bisa tidur namun tidak nyenyak. Berikut adalah tips yang bisa Anda praktekan agar tidur lebih nyenyak dan berkualitas sehingga mendapatkan manfaat maksimal dari tidur.

  1. Tentukan jadwal waktu tidur

Ingin tidur Anda lebih pulas dan berkualitas? Maka Anda harus menentukan jadwal tidur Anda. Rutinitas tidur diwaktu sama setiap malamnya membuat  Anda dapat beristirahat lebih baik dan stabil.

  1. Membuat jurnal

Melakukan banyak aktivitas setiap harinya dapat menyebabkan tubuh melepaskan hormon stres. Menurut penelitian, menuangkan pikiran-pikran yang membuat kita stres dalam sebuag jurnal dapat mengurangi kegelisahan yang ditimbulkan stres tersebut.

  1. Mengonsumsi makanan kaya magnesium

Penelitian menunjukkan bahwa magnesium memiliki peran kunci dalam membuat manusia tertidur di malam hari. Makanan kaya magnesium diantaranya biji labu dan bayam.

  1. Minum secangkir teh chamomile

Minuman herbal ini dapat mengurangi kecemasan yang mungkin membuat tidur Anda tidak nyenyak.

  1. Berhenti merokok

Nikotin dalam rokok membuat Anda sulit tidur. Selain itu, merokok juga dapat memperburuk apnea tidur dan gangguan pernapasan sehingga sulit untuk mendapatkan istirahat malam yang berkualitas.

  1. Olahraga secara teratur

Sebuah studi menyatakan bahwa olahraga teratur dapat mengurangi kecemasan dan meingkatkan kualitas tidur bagi orang normal maupun penderita insomnia sekalipun. Namun, jangan berolahraga tepat sebelum tidur ya, karena justru dapat merusak kualitas tidur Anda.

  1. Pelajarilah obat-obatan yang Anda konsumsi

Beberapa obat dapat menyebabkan insomnia sehingga Anda perlu untuk mengonsultasikannya dengan dokter agar bisa memilih obat yang tidak memberi pengaruh pada tidur Anda.

  1. Jangan minum kopi diatas jam 2 siang

Hindari minuman mengandung kafein seperti kopi dan teh menjelang waktu istirahat Anda karena kafein akan merangsang otak sehingga Anda akan kesulitan tidur.

  1. Luangkanlah waktu untuk bersantai

Setelah beraktivitas seharian, ada baiknya Anda memberikan waktu bagi tubuh Anda masa transisi sejenak untuk bersantai atau melakukan hal-hal ringan seperti membersihkan wajah, menyusun rencana esok hari dan berbagai kegiatan lainnya. Hal ini dimaksudkan untuk mempersiapkan tubuh Anda sebelum benar-benar beristirahat.

  1. Minum segelas susu hangat

Segelas susu hangat yang diminum sebelum tidur dapat menghangatkan tubuh serta membuatnya lebih kenyang sehingga Anda akan mudah mengantuk dan terlelap.

  1. Mematikan lampu

Adanya cahaya yang kuat saat tidur akan membuat otak Anda tetap terjaga sehingga sulit mendapatkan tidur yang berkualitas.Sebaiknya redupkan cahaya agar tidur lebih nyaman.

  1. Kamar yang sejuk dan tenang

Menurut penelitian, tidur akan semakin nyenyak jika berada di ruangan yang sejuk. Jika sedang musim panas, Anda bisa tidur menggunakan pendingin ruangan atau menggunakan busana yang tipis. Selain itu pastikanlah kamar tidur Anda tenang dan terhindar dari suara-suara berisik karena tidur membutuhkan ketenangan.

  1. Letakkan aromaterapi di ruang tidur Anda

Aromaterapi dapat membuat Anda lebih rileks sehingga membuat tidur lebih nyenyak. Aroma seperti lavender, chamomile, dan melati adalah yang paling baik untuk diletakkan di kamar tidur Anda.

  1. Tarik napas panjang

Teknik pernapasan ini membantu mengurangi denyut jantung dan tekanan darah Anda sehingga melepaskan hormon endorfin dan melemaskan tubuh Anda. Dengan begitu, Anda dapat tidur lebih cepat dan nyenyak.

  1. Tetap berbaring di ranjang meskipun sulit tidur

Sekalipun Anda kesulitan tidur, tetaplah berbaring sambil memejamkan mata di tempat tidur Anda karena lama kelamaan Anda akan terlelap.

sw5-2

Dikutip dari : merdeka.com dan greatis.com

Sumber foto : weebeedreaming.com

Air Minum Quelle – Freshness Everyday

Informasi dan Pemesanan Hubungi

Telp : (0254)315003 / 085107094222

Email : kdtquelle@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *