Sibuk vs Produktif. Yang Manakah Anda?

Fakta dan Mitos Unik Tahun Kabisat
February 29, 2016
13 Cara Jitu Untuk Meningkatkan Produktivitas Anda
March 3, 2016

Banyak orang tidak paham mengenai perbedaan sibuk dan produktif. Akibatnya banyak bermunculan orang-orang yang mengaku produktif padahal dirinya hanya orang ‘sok’ sibuk yang terlihat selalu memiliki banyak pekerjaan dan tidak memiliki waktu untuk hal-hal lainnya. Pada dasarnya, membedakan orang sibuk dengan orang produktif tidaklah sulit. Orang sibuk bekerja dengan prinsip ‘work harder’ sementara orang produktif memiliki prinsip ‘work smarter’.

Berikut hal-hal yang membedakan orang sibuk dengan orang produktif:

  1. Orang produktif bisa menentukan skala prioritas

Orang produktif selalu membuat daftar pekerjaan dan menentukan skala prioritas pekerjaannya setiap hari. Ia mengerjakan hal terpenting terlebih dahulu hingga selesai lalu mengerjakan yang lainnya. Sementara orang sibuk melakukan semua pekerjaannya sekaligus tanpa daftar pekerjaan maupun prioritas karena ia merasa bahwa semua pekerjaannya sama pentingnya. Orang-orang seperti ini cenderung mudah merasa stres dan tertekan karena merasa pekerjaannya terlalu banyak. Biasanya hal ini mengakibatkan tidak ada pekerjaannya yang selesai dengan sempurna.

  1. Orang produktif memiliki misi dalam hidupnya

Orang produktif memiliki misi yang jelas dalam hidupnya dan membiarkan orang lain melihat keraguan dalam setiap langkah yang diambil karena mereka memiliki tujuan yang jelas. Sementara orang sibuk berpura-pura yakin dalam setiap langkah yang mereka ambil padahal sebenarnya ia tidak yakin dengan misi hidupnya.

  1. Orang produktif selalu menyempatkan waktu untuk mengevaluasi cara yang paling efisien untuk melakukan sesuatu

Orang produktif merasa tidak cukup dengan hanya melakukan pekerjaan dengan cepat. Ia membutuhkan waktu untuk mundur sejenak dan mengevaluasi cara bekerjanya, apakah ia sudah melakukannya dengan efisien ataukah ada cara lain yang lebih baik untuk melakukannya. Orang sibuk justru sebaliknya, ia langsung bertidak melakukan sesuatu tanpa memikirkan konsekuensi dan cara yang baik untuk melakukannya.

  1. Orang produktif sulit untuk mengatakan “iya”

Warren Buffer pernah mengatakan definisinya mengenai integritas adalah dengan mengatakan “tidak” pada banyak hal. Orang produkti tidak akan mengatakan “ya” pada banyak hal karena itu seakan menenggelamkan hidupnya pada hal-hal yang menjadi prioritas hidup orang lain, sehingga ia melupakan prioritas sendiri. Sementara orang sibuk, mudah terbujuk ajakan atau permintaan orang lain.

  1. Orang produktif membiarkan hasil kerja yang berbicara.

Seperti kata Stephen King, penulis adalah pencipta tulisan. Jika Anda menghasilkan tulisan, maka Anda adalah penulis. Namun jika Anda tidak menghasilkan tulisan, maka Anda bukanlah penulis. Prinsip tersebut berlaku untuk membedakan antara orang sibuk dan orang produktif. Orang produktif akan menunjukkan hasil kerjanya tanpa banyak bicara, sementara orang sibuk akan membicarakan proses apa saja yang akan mereka kerjakan.

  1. Orang produktif fokus pada satu pekerjaan

Banyak orang yang bilang bahwa bisa multitasking adalah suatu keharusan. Padahal, kurangnya fokus untuk menyelesaikan suatu pekerjaan akan membuat pekerjaan tidak dapat selesai dengan baik dan tepat waktu. Karena orang multitasker menganggap sibuknya adalah pertanda bahwa mereka benar-benar bekerja, padahal kenyataannya tidak. Orang produktif selalu tahu cara untuk fokus pada pekerjaannya sehingga dapat menyelesaikannya tepat waktu. Selain itu, orang produktif bisa membedakan mana pekerjaan yang bisa ia delegasikan kepada orang lain dan mana yang ia harus kerjakan sendiri. Dengan mendelegasikan tugas ini, ia bisa lebih efektif dan efisien dalam mengerjakan pekerjaanya.

  1. Orang produktif ingin orang lain menjadi efektif

Orang produktif suka melihat orang lain bekerja dengan tenang dan menciptakan lingkungan yang kondusif untuk berkerja untuk membantu efektivitas kinerja orang lain. Sementara orang sibuk merasa frustasi melihat orang lain santai dan terlihat menikmati pekerjaan mereka.

  1. Orang produktif bersahabat dengan waktu dan tidak menggunakan waktu sebagai alasan

Orang sibuk selalu berperang melawan waktu dan selalu pintar mencari alasan tentang waktu, sementara orang produktif sebaliknya.

  1. Orang produktif merupakan bagian dari perubahan

Orang produktif tidak akan membuang-buang waktu untuk membicarakan apa saja yang akan ia lakukan. Ia akan mulai melakukan sesuatu agar bisaberperan dalam sebuah perubahan. Sedangkan orang sibuk selalu membicarakan bagaimana mereka akan berubah.

Demikian itu 9 perbedaan antara orang sibuk dan orang produktif. Termasuk kategori manakah Anda? Atau jika Anda memiliki poin menarik selain poin-poin di atas, silakan berkomentar di bawah.

sw5-2

Dihimpun dari : andriewongso.com dan levo.com

Air Minum Quelle – Freshness Everyday

Informasi dan Pemesanan Hubungi

Telp : (0254)315003 / 085107094222

Email : kdtquelle@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *