13 Obat P3K Alami yang Wajib Anda Miliki di Rumah

Apakah Anda Kecanduan Smartphone?
February 10, 2016
Fakta dan Mitos Unik Tahun Kabisat
February 29, 2016

Tahukah Anda, bahwa banyak bahan alami yang dapat menjadi pengganti obat-obatan pengisi kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) Anda? Bahan-bahan alami berikut  dapat berfungsi sebagai obat alami yang efektif menyembuhkan berbagai masalah kesehatan.

  1. Jahe

Selain mengatasi mual dan muntah, jahe juga bisa digunakan sebagai obat sakit kepala dan nyeri haid. Selain itu, jahe baik untuk mengobati batuk dan pilek sehingga jahe merupakan salah satu bahan wajib yang Anda butuhkan di rumah.

  1. Lada Hitam

Selain sebagai bumbu masak, lada hitam juga sangat baik digunakan sebagai anti bakteri dam anti radang serta dapat meningkatkan penyerapan nutrisi ke dalam tubuh. Lada hitam dapat digunakan sebagai obat P3K karena mengandung vitamin C, vitamin K, dan juga beberapa mineral yang sangat dibutuhkan tubuh.

  1. Kunyit

Kunyit sangat baik untuk memperkuat sistem imun tubuh. Kunyit juga kaya antioksidan, antibakteri, dan anti-inflamasi yang bisa menangkal radikal bebas yang membuat tubuh mengalami penuaan dini.

  1. Kayu Manis

Selain aromanya yang bisa dijadikan pereda stes dan aromaterapi, kayu manis dapat mengobati gangguan pencernaan dan kembung. Kayu manis juga dapat menjadi bahan pengawet alami dan mengurangi penyerapan gula oleh tubuh serta menghambat perubahan gula menjadi lemak.

  1. Madu

Madu mengandung banyak zat antiseptik di dalamnya serta berkhasiat untuk menyembuhkan. Mengoleskan madu pada luka bakar ringan akan membantu meredakan rasa terbakar dan meminimalisir bekas luka bakar di kemudian hari.

  1. Jintan

Biji jintan sangat baik meringankan masalah pencernaan, mencegah anemia, dan meringankan pilek. Minum teh jintan juga bisa menjadi obat pencahar alami atau obat sembelit, membantu penyerapan kalsium, dan membantu mengontrol tekanan darah.

  1. Teh Hijau

Teh hijau yang kaya antioksidan dapat digunakan untuk menyembuhkan mata bengkak. Kafein dalam teh hijau juga membantu mengurangi pembengkakan luka dan melancarkan peredaran darah.

  1. Bawang

Bawang dapat digunakan sebagai pengobatan topikal untuk luka bakar. Oleskan potongan bawang pada luka bakar. Bawang akan membantu mengurangi rasa sakit akibat luka bakar. Bawang juga bisa digunakan untuk mengobati sengatan lebah

  1. Minyak Lavender

Minyak lavender sangat berguna untuk meredakan rasa sakit akibat luka bakar ringan. Coba campurkan minyak lavender, lidah buaya, dan oleskan pada luka bakar. Lakukan ini hingga rasa sakitnya berkurang. Selain minyak lavender, minyak zaitun juga bisa meredakan rasa sakit akibat luka bakar dan membantunya lebih cepat sembuh.

   10. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang sudah teruji bisa meredakan luka bakar ringan. Lidah buaya tak hanya memberikan efek dingin dan mendinginkan, namun juga mempercepat proses pemulihan kulit yang terluka. Potong-potong lidah buaya di bagian tengah, kemudian gunakan gel-nya pada luka bakar. Ulangi terus hingga luka bakar mengering.

    11. Kulit Pisang

Kulit pisang yang diletakkan pada luka bakar bisa meredakan rasa sakitnya. Para ahli menyarankan untuk meletakkan kulit pisang pada luka bakar hingga berubah hitam

    12. Cuka

Cuka juga seringkali digunakan untuk mengobati luka bakar ringan. Yang harus Anda lakukan hanya memberikan cuka pada kain, kemudian menggunakannya untuk mengompres luka bakar. Lakukan terus dengan cuka yang masih segar ketika rasa sakitnya meningkat.

     13. Garam
Garam sangat baik digunakan sebagai anti-inflamasi. Jika tenggorokan sakit atau sariawan, berkumur dengan air garam akan mengurangi rasa sakit.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *