Sudahkah Anda Bahagia dengan Pekerjaan Anda? (Part 1)

Kerja Keras atau Kecanduan Kerja?
January 14, 2016
Sudahkah Anda Bahagia dengan Pekerjaan Anda? (Part 2)
January 19, 2016

Bekerja kantoran sering kali dianggap sebagai pekerjaan yang kurang menyenangkan dibandingkan dengan freelance atau berwirausaha. Pendapat ini didasari oleh banyaknya penyebab stres yang dapat melanda pegawai kantoran, misalnya dikejar deadline, memiliki atasan yang tidak bersahabat, kemacetan lalu lintas, serta hubungan dengan rekan kerja yang kurang harmonis.

Sebuah polling terbaru dari Gallup menunjukkan bahwa hanya 13 persen karyawan yang menikmati waktu bekerjanya. Survei lain yang dilakukan oleh jobsDB terhadap responden yang seluruhnya adalah pekerja kantoran di Indonesia pun menunjukkan bahwa rata-rata responden berencana untuk pindah kerja dalam 1 atau 2 tahun kedepan karena merasa tidak bahagia dengan pekerjaannya.

Apakah Anda juga termasuk salah satu diantara mereka?

Simak ciri-ciri bahwa Anda bahagia dengan pekerjaan Anda di bawah ini. Jika ciri-ciri ini tidak sesuai dengan kondisi Anda, bisa jadi Anda merasa tidak nyaman dengan pekerjaan Anda saat ini.
1. Semangat Pergi ke Kantor
Anda mungkin kecewa saat weekend berakhir. Namun ini tidak lantas membuat Anda membenci hari Senin. Anda justru merasa semangat untuk kembali bekerja. Selain itu, terkadang Anda sengaja datang ke kantor lebih awal karena Anda memang ingin segera memulai pekerjaan.
2. Selalu Enerjik
Anda terlihat enerjik setiap hari dari pagi hingga sore hari tanpa mengeluh tentang pekerjaan Anda. Sifat enerjik ini hanya bisa dimiliki oleh karyawan yang berbahagia.
3. Menjaga Kerapihan dan Kebersihan
Anda akan selalu menjaga kerapihan dan kebersihan area kerja Anda, karena sense of belonging hanya terlihat dari orang yang mencintai pekerjaan dan tempat kerjanya.
4. Menjalin Hubungan Baik dengan Rekan Kerja
Hubungan baik akan terjalin apabila karyawan merasa bahagia dan merasa memiliki perusahaan. Apabila Anda tidak bahagia ditempat kerja, maka Anda tidak akan peduli akan masalah hubungan dengan rekan kerja.
5. Murah Senyum
Senyum bisa menunjukkan seseorang bahagia atau tidak, karena senyum yang tulus melambangkan kebahagiaan seseorang. Jadi, jika Anda masih bisa tersenyum saat sedang bekerja, maka bisa dikatakan bahwa Anda cukup bahagia dengan pekerjaan Anda.
6. Aktif Dalam Diskusi
Bila ada masalah yang terjadi di perusahaan, Anda selalu aktif memberikan ide dan solusi. Hal ini Anda lakukan karena tidak ingin perusahaan Anda bermasalah sehingga Anda selalu berusaha ikut andil dalam menyelesaikan permasalahan.
7. Tidak Punya Keinginan untuk Resign
Saat Anda merasa cocok dengan pekerjaan Anda, maka tidak terlintas lagi dibenak Anda keinginan untuk resign dari perusahaan tersebut. Sementara karyawan yang tidak bahagia akan selalu memikirkan rencana untuk keluar agar bisa hidup lebih bahagia.
Jika Anda tidak termasuk golongan orang-orang yang nyaman dan bahagia dengan perkerjaannya, maka Anda tidak perlu berkecil hati dulu. Ada banyak solusi sederhana yang dapat membantu Anda agar lebih bahagia di tempat kerja. Karena sebenarnya, bekerja di kantor dapat menjadi pekerjaan yang menyenangkan dan patut dipertahankan, tidak hanya untuk mendapatkan gaji, tapi juga untuk mewujudkan pemenuhan potensi diri.

Berikut ini adalah beberapa saran dari para Ahli agar Anda dapat merasa lebih bahagia saat bekerja.
1. Kenali Masalah Anda
Jika Anda ingin mengatasi rasa tidak bahagia Anda saat di kantor, cara pertama yang harus Anda lakukan adalah kenali dulu sebab Anda tidak bahagia. Apakah karena kerjaan menumpuk dan dikejar deadline? Hubungan yang kurang baik dengan rekan kerja? Atau Anda memiliki alasan lainnya? Jika Anda tahu penyebab masalah yang Anda hadapi, maka Anda akan lebih mudah untuk menyelesaikannya. Misalnya, jika masalah Anda berkaitan dengan beban kerja yang berat, maka Anda dapat menyusun skala prioritas dalam menyelesaikan pekerjaan. Selain itu, disela-sela kerja, Anda dapat berinteraksi dengan rekan kerja Anda untuk sedikit membantu menghilangkan penat yang Anda rasakan.
2. Buatlah Rencana Kerja
Buatlah sebuah rencana kerja yang berisi jadwal atau rutinitas kerja Anda sehari-hari. Dengan membuat rencana kerja sebelum Anda memulai hari, Anda akan bersemangat bekerja dan lebih terarah dalam melakukan tugas-tugas Anda di kantor. Anda akan mengurangi stres yang disebabkan oleh pekerjaan yang menumpuk dan perasaan dikejar-kejar deadline.
3. Banyak Bergerak
Anda mungkin tidak punya banyak waktu untuk bergerak apalagi berolahraga. Duduk berjam-jam di depan komputer sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Ketika di kantor, sempatkan untuk bergerak, misalnya mengambil segelas minum dari pantry, menghampiri rekan kerja untuk berbincang-bincang sejenak alih-alih mengirim surel atau meneleponnya, menggunakan tangga alih-alih lift, serta masih banyak lagi hal lainnya yang bisa membuat Anda banyak bergerak di kantor.
4. Banyak Minum Air dan Hindari Cemilan Tidak Sehat
Beraktivitas terlalu lama di ruangan ber- AC membuat Anda secara tidak sadar merasa tidak haus. Meskipun begitu, Anda tetap harus minum air secara teratur. Hindarilah minuman yang mengandung banyak gula dan kafein jika ingin kesehatan tubuh Anda terjaga. Selain itu, terkadang untuk mengusir rasa kantuk dan bosan, Anda menyiapkan makanan ringan di meja Anda untuk dimakan sambil bekerja. Hal ini tidak dilarang, namun pilihlah camilan yang menyehatkan seperti buah-buahan segar atau kacang-kacangan.

(continue)

sw5-2

Sumber : Dikutip dari berbagai sumber

Air Minum Quelle – Freshness Everyday

Informasi dan Pemesanan Hubungi

Telp : (0254)315003 / 085107094222

Email : kdtquelle@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *