Kerja Keras atau Kecanduan Kerja?

Singkong Ternyata Mengandung Sianida. Berbahayakah?
January 14, 2016
Sudahkah Anda Bahagia dengan Pekerjaan Anda? (Part 1)
January 19, 2016

Banyak orang tidak menyadari bahwa dirinya sedang kecanduan kerja. Mereka berdalih menyebut diri mereka seorang workaholic karena senang bekerja keras. Padahal pada kenyataannya, kerja keras dan kecanduan kerja adalah dua hal yang berbeda. Tidak mudah memang untuk membedakannya. Namun, para ahli menyebut ada batas tegas diantara keduanya.

Serena Wadhwa, PsyD, seorang konselor klinis profesional di Chicago menyebutkan bahwa tanda paling mungkin untuk membedakan keduanya adalah orang yang mengalami kecanduan kerja akan menghabiskan banyak waktu untuk bekerja dan sulit untuk memisahkan diri dari hal-hal terkait pekerjaan sekalipun dihari libur.

Gejala lain yang ditemukan pada orang-orang yang kecanduan kerja adalah terlihat tanda-tanda depresi saat sedang tidak bekerja dan terpengaruh oleh pekerjaan saat sedang mengerjakan hal lain.

Sulitnya mengenali tanda-tanda kecanduan kerja memang bisa dipahami karena menyangkut stigma yang berkembang di masyarakat. Saat seseorang menganggap kecanduan kerja sebagai masalah yang perlu diatasi, bukan tidak mungkin justru dianggap sebagai pemalas.

Dikutip dari Everydayhealth, berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang bisa membantu mengidentifikasi gejala kecanduan kerja.

1. Apakah Anda akan melakukan hampir segalanya untuk pekerjaan dan mengabaikan aspek penting lainnya demi pekerjaan?
2.Apakah Anda mengabaikan kesehatan untuk memenuhi aktivitas pekerjaan?
3.Apakah Anda bekerja lebih lama dan lebih keras daripada rekan kerja Anda lainnya?
4.Apakah hubungan Anda dengan keluarga dan teman-teman terganggu karena pekerjaan?
5.Apakah orang yang Anda sayangi protes karena Anda terlalu banyak bekerja?
6.Jika Anda tidak bisa bekerja sesuai harapan, apakah Anda mengalami keterpurukan secara emosional?

Jika jawaban Anda sebagian besar adalah ‘ya’, pertimbangkanlah untuk berkonsultasi dengan ahli untuk membantu menghilangkan kecanduan Anda terhadap bekerja atau motivasilah diri Anda sendiri untuk menjalani hidup yang lebih baik dan seimbang antara pekerjaan dengan aspek lainnya dalam hidup Anda.

sw5-2

Dikutip dari : detik.com

Gambar ilustrasi : Quelle

Air Minum Quelle – Freshness Everyday

Informasi dan Pemesanan Hubungi

Telp : (0254)315003 / 085107094222

Email : kdtquelle@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *