Sudahkah Anda Bahagia dengan Pekerjaan Anda? (Part 2)

Sudahkah Anda Bahagia dengan Pekerjaan Anda? (Part 1)
January 19, 2016
Apakah Anda Kecanduan Smartphone?
February 10, 2016

(Lanjutan dari Part 1)

5. Menjalin Pertemanan dengan Rekan Kerja

Bertemanlah dengan rekan kerja Anda. Tidak hanya karena Anda harus bertemu dengan mereka setiap hari, tetapi mereka juga dapat membantu Anda mengerjakan tugas-tugas Anda  apabila Anda bersikap baik dan ramah kepada mereka. Anda juga akan menjadi lebih termotivasi untuk pergi kerja karena akan bertemu dan berbincang-bincang dengan rekan kerja Anda. Selain itu, bersikaplah sopan dan profesional kepada semua orang di kantor. Hindari bergosip, membentuk kubu, atau mengucilkan rekan kerja yang kurang disukai.

6. Jangan Bawa Urusan Rumah ke Kantor

Jangan bawa urusan rumah ke kantor, begitu pun sebaliknya. Keluarga Anda tidak pantas mendapat pengaruh atas masalah Anda di kantor, begitu pula terhadap pekerjaan Anda. Jangan biarkan masalah keluarga atau masalah di rumah Anda mengganggu pekerjaan. Bersikaplah profesional di kantor dan bersikaplah sebaik mungkin di rumah Anda sendiri.

7. Seimbangkan Kerja dan Hiburan

Stres karena pekerjaan  memang terkadang tidak bisa dihindari. Untuk membuat Anda merasa lebih baik, ambil waktu 15 menit melakukan apa yang disukai, kemudian kembali melanjutkan pekerjaan. Dengan begitu, jiwa Anda akan merasa lebih tenang.

8. Rencanakan Liburan

Peneliti menemukan, karyawan yang bahagia ialah karyawan yang selalu menyempatkan waktu untuk berlibur. Maka, jika Anda merasa jenuh di kantor ada baiknya Anda  mengambil cuti dan merencanakan liburan bersama teman-teman dekat atau keluarga Anda.

9. Terapkan Sistem 5-3-1

  • Untuk 5 menit dalam sehari, lakukan meditasi 

Menurut Mirgain, psikolog senior dari Center of Investigating Healthy Minds di Waisman Center dan asisten profesor di Universitas Wisconsin, pekerja kantoran sebaiknya meluangkan waktu untuk meditasi setidaknya lima menit dalam sehari. Meditasi yang direkomendasikannya pun sangat mudah dan sesederhana fokus pada pernapasan Anda.

“Anda cukup memerhatikan napas dan ketika pikiran Anda mulai memikirkan hal-hal lain, bawa kembali fokus pada napas,” terangnya. Meditasi 5 menit ini bisa meminimalisir suara-suara dalam benak dan memberi kesempatan pada otak untuk melepas stres dan pulih kembali.

  • Tulis 3 hal baik yang dialami setiap hari

“Menurut penelitian, orang-orang menjadi 2 persen lebih berbahagia dalam seminggu,” kata Mirgain. “Setelah 4 minggu melakukan tiga hal baik setiap harinya, mereka menjadi 5 persen lebih berbahagia, serta hanya dalam enam bulan kebahagiaan mereka meningkat 9 persen. Dan hal ini bisa Anda lakukan kurang dari 1 menit,” jelasnya.

Dengan melatih otak kita yang cenderung berpikir negatif untuk fokus pada hal positif, maka kita akan mulai melihat segala sesuatunya secara lebih positif.

  • Lakukan 1 kebaikan

Saran terakhir Mirgain adalah perpanjang melakukan 1 kebaikan.

“Realitanya ketika kita merasa murah hati terhadap orang lain, kita sebetulnya merasakan kebahagiaan dan mengalami menjadi makhluk yang lebih baik,” jelas Mirgain. Bahkan lebih dari itu, menurut Seligman, pakar psikologi, “Yang menyenangkan dari psikologi positif adalah ketika Anda mulai lebih banyak menggunakan kebaikan, orang-orang akan lebih menyukai Anda dan mereka pun berinteraksi lebih banyak dengan Anda.”

Singkatnya, psikologi positif bisa jadi cara tercepat untuk memperbaiki hidup Anda, cetus Seligman. “Kemampuan dari psikologi positif adalah self-maintaining (mengatur diri sendiri), di mana kemampuan dari psikoterapi adalah seperti mendaki gunung,” tandasnya.

10. Hiasi Meja Kerja Anda

Penelitian telah menunjukkan bahwa pekerja yang menambahkan hiasan pada ruang kerja/meja mereka, 40 persen lebih bahagia ketimbang mereka yang tidak melakukannya. Meskipun Anda mungkin tidak memiliki kewenangan untuk menghias atau mengatur ulang seluruh ruang kantor, Anda bisa melakukan dengan cara yang sederhana misalnya, membeli beberapa alat tulis bagus, memasang foto, kalender unik atau sepotong kecil karya seni, atau menaruh tanaman kecil pada meja kerja Anda.

Saran terakhir namun salah satu yang terpenting adalah hargai kenyataan bahwa Anda memiliki pekerjaan. Cobalah untuk selalu bersyukur dengan apa yang Anda miliki saat ini.Hargai pekerjaan yang Anda jalani sekarang karena masih banyak orang di luar sana yang menginginkan berada di posisi Anda saat ini, namun tidak bisa. Dengan rasa syukur dan penghargaan Anda terhadap pekerjaan tsb, mudah-mudahan Anda bisa lebih merasa bahagia dengan pekerjaan yang Ada miliki.

sw5-2

Sumber : Dikutip dari berbagai sumber

Air Minum Quelle – Freshness Everyday

Informasi dan Pemesanan Hubungi

Telp : (0254)315003 / 085107094222

Email : kdtquelle@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *