Tipe Kecerdasan Manusia

Inilah Kebutuhan Nutrisi Harian Anda
January 6, 2016
Singkong Ternyata Mengandung Sianida. Berbahayakah?
January 14, 2016

Predikat cerdas biasanya diberikan kepada seseorang yang memiliki IQ tinggi. Padahal kecerdasan manusia terdiri dari berbagai macam dan tidak bisa jika hanya diukur dengan IQ. Berikut adalah berbagai macam kecerdasan yang dimiliki manusia.

  1. Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan linguistik atau yang biasa disebut kecerdasan berbahasa menunjukkan seseorang memiliki kemampuan untuk mengelola kata-kata, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan. Hal yang sering menjadi kegemaran seseorang yang memiliki kecerdasan linguistik seperti membaca dan mengerjakan TTS. Pekerjaan yang cocok untuk pemilik kecerdasan ini adalah penyiar, jurnalis, hingga pengacara.

  1. Kecerdasan Matematis dan Logika

Kecerdasan matematis dan logika adalah kecerdasan untuk mengolah angka dan logika. Pemilik kecerdasan matematis mampu membuat hipotesis yang baik, membuat klasifikasi, dan menganalisa sebab akibat. Kecerdasan ini membuat seseorang mampu berpikir secara logika dan rasional. Beberapa pekerjaan yang cocok adalah sebagai akuntan, programmer atau ilmuwan.

  1. Kecerdasan Interpersonal

Pemilik kecerdasan interpersonal akan mudah untuk mengerti dan peka terhadap persaan, temperamen, dan watak orang lain disekelilingnya. Hal ini membuat mereka dapat menghadapi orang lain dengan sikap yang baik dan mendorong orang lain untuk menceritakan masalahnya. Pekerjaan yang cocok untuk pemilik kecerdasan ini antara lain psikolog, negosiator, dan guru.

  1. Kecerdasan Musikal

Kecerdasan musikal membuat seseorang mudah untuk menikmati, mengembangkan, dan mengekspresikan musik dan suara. Seseorang yang memiliki kecerdasan musikal mampu menghapal nada dengan cepat dan suka bekerja sambil bernyanyi. Pekerjaan yang biasanya digeluti orang dengan kecerdasan musikal antara lain penyanyi, pemain alat musik, dan pencipta lagu.

  1. Kecerdasan Kinetik

Orang yang memiliki kecerdasan kinetik mampu mengekspresikan gagasan dan perasaan dengan baik melalui gerak. Ciri seseorang yang memiliki kecerdasan ini biasanya menyukai olahraga dan berbagai kegiatan yang menggunakan fisik. Pekerjaan yang cocok untuk orang yang memiliki kecerdasan kinetik misalnya atlet, penngrajin, dan penjahit.

  1. Kecerdasan Intrapersonal

Adalah kecerdasan untuk mengenal dan memahami diri sendiri. Biasanya orang dengan kecerdasan intrapersonal suka bekerja sendiri, cuek, dapat mengintropeksi diri sendiri, dan mampu mengetahui kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Pekerjaan yang cocok untuk pemiliki kecerdasan intrapersonal adalah sebagai penasihat, konselor atau teolog.

  1. Kecerdasan Visual

Kecerdasan visual di mana seseorang memiliki kepekaan terhadap visual, bentuk, warna, garis, dan ruang. Kecerdaan ini membuat seseorang mampu membuat idenya menjadi bentuk sketsa yang jelas. Pekerjaan yang cocok untuk seseorang dengan kecerdasan ini adalah insinyur, arsitek, fotografer atau pilot.

Jadi, jika Anda, anak Anda, atau kerabat Anda tidak memiliki IQ yang tinggi, itu bukan berarti tidak cerdas. Tidak perlu merasa malu hanya karena tidak memiliki IQ yang tinggi, karena pada dasarnya, setiap orang dilahirkan dengan kecerdasan dan kemampuan dibidangnya masing-masing.

sw5-2

Dikutip dari : 101gayahidupsehat.com

Gambar ilustrasi : Quelle

Air Minum Quelle – Freshness Everyday

Informasi dan Pemesanan Hubungi

Telp : (0254)315003 / 085107094222

Email : kdtquelle@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *