Inilah Kebutuhan Nutrisi Harian Anda

Aturan Penting Minum Jus
January 5, 2016
Tipe Kecerdasan Manusia
January 13, 2016

Tubuh memerlukan nutrisi lengkap agar dapat berfungsi optimal.Nutrisi dalam makanan dapat dikelompokkan menjadi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang tidak tepat dapat menyebabkan berbagai penyakit. Namun, tahukah Anda berapa banyak jumlah nutrisi yang Anda butuhkan setiap harinya? Berikut ini  keterangan jumlah porsi yang tepat untuk tubuh beserta fungsi dan makanan yang dianjurkan.

Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh. Setiap 1 gram karbohidrat kurang lebih akan menghasilkan  4 kalori. Kebutuhan rata-rata harian manusia adalah sebanyak 1200-2000 kalori. Kalori yang diperoleh dari karbohidrat disarankan sebanyak 45-60% dari seluruh kebutuhan kalori. Faktanya, saat ini rata-rata orang Indonesia mengonsumsi 70-80% karbohidrat. Kelebihan karbohidrat yang tidak dibutuhkan tubuh akan disimpan sebagai lemak. Contoh karbohidrat yang baik adalah gandum dan beras merah. Hal ini dikarenakan kedua bahan pangan tersebut memiliki Indeks Glikemik rendah sehingga memberi rasa kenyang lebih lama.

Protein

Protein berfungsi sebagai komponen yang bermanfaat untuk pertumbuhan, penyembuhan luka, regenerasi sel, menghasilkan enzim dan hormon untuk metabolisme tubuh juga sebagai sumber energi. Protein dapat diperoleh dari hewan maupun tumbuh-tumbuhan, namun protein hewani mengandung asam amino essensial lebih banyak dibandingkan protein nabati. Berat protein dalam tubuh sekitar 1/6 dari berat seseorang dan protein merupakan komponen tersebar kedua pada tubuh manusia setelah air. Setiap harinya, manusia membutuhkan 1 gram untuk setiap 1 kg berat tubuhnya. Rata-rata 1 gram protein menghasilkan 4 kalori. Agar mendapat manfaat protein dengan optimal, hindari memasak sumber protein dengan suhu tinggi dan menggunakan banyak minyak karena akan merusak protein yang ada.

Lemak

Lemak berfungsi sebagai cadangan energi dan untuk melindungi organ tubuh. Selain itu lemak berguna untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, menjaga suhu tubuh, melarutkan vitamin A, D, E, K dan membantu metabolisme tubuh berjalan dengan baik. Kebutuhan lemak yang harus dipenuhi yaitu sekitar 20-30% dari kebutuhan total kalori. Konsumsi lemak dalan satu hari tidak boleh melebihi 35% dari total kebutuhan kalori harian. Selain itu, pilihlah lemak baik (lemak tidak jenuh) agar tubuh lebih sehat.

Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral berfungsi untuk mengatur dan mendukung berbagai proses yang terjadi dalam tubuh seperti proses pembentukan energi dan proses berpikir. Vitamin dan mineral banyak terkandung pada buah dan sayuran. Disarankan agar setiap hari mengonsumsi 5-9 porsi buah dan sayur.

Serat

Fungsi serat yang paling utama adalah membantu proses pencernaan dan menjaga tubuh tetap sehat. Serat banyak terkandung pada buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Beberapa contoh buah dan sayur yang berserat tinggi misalnya pepaya, sirsak, apel, kacang panjang, wortel, dan sayuran hijau.

sw5-2

Dikutip dari berbagai sumber

Gambar ilustrasi : Quelle

Air Minum Quelle – Freshness Everyday

Informasi dan Pemesanan Hubungi

Telp : (0254)315003 / 085107094222

Email : kdtquelle@gmail.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *