7 Cara Untuk Mengontrol Gula Darah

Jagalah Kesehatan Ginjal Anda!
December 2, 2015
5 Hal Yang Dapat Mengganggu Sistem Imun Tubuh
December 10, 2015

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi gula darah dalam tubuh sehingga menjadikan diabetes sebagai penyakit yang rumit untuk ditangani.Salah satu faktor yang berpengaruh adalah makanan yang kita konsumsi. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk menunjukkan jenis makanan yang aman bagi penderita diabetes agar gula darah penderita tetap terkontrol. Namun ternyata, ada beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi kadar darah.

Berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan untuk mempertahankan atau mengontrol kadar glukosa darah dan insulin.

  1. Tertawa

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Jepang diketahui bahwa tertawa bisa menjadi obat yang murah untuk mengontrol kadar gula darah agar tetap pada level yang baik. Dalam penelitian tersebut, penderita diabetes yang menonton film komedi setelah makan malam diketahui memiliki kadar gula darah yang lebih rendah dibandingkan mereka yang menyaksikan acara-acara yang membosankan. Jangan biarkan diri Anda tersiksa dengan stres berkepanjangan akibat diabetes. Tertawalah! Karena tertawa bisa memberikan efek yang baik bagi tubuh Anda.

  1. Konsumsi Produk Susu

Sebuah penelitian yang melibatkan 3000 orang menemukan bahwa orang dengan obesitas yang mengonsumsi susu atau produk susu lainnya memiliki kemungkinan 70% lebih kecil untuk mengembangkan resistensi insulin dibandingkan yang tidak mengonsumsinya. Hal ini terjadi karena laktosa, protein, dan lemak dalam susus dapat memperbaiki gula darah dengan memperlambat konversi gula makanan menjadi gula darah.

  1. Konsumsi Kayu Manis

Orang dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi 1gr hingga 6gr kayu manis diketahui mengalami penurunan kadar gula darah mereka antara 18-29% tergantung jumlah yang dikonsumsi. Data ini didapatkan berdasarkan sebuah penelitian di Pakistan. Anda bisa menambahkan kayu manis dalam kopi, teh, ataupun yogurt.

  1. Hindari Lemak Jenuh

Hasil dari sebuah studi di Amerika menunjukkan bahawa Anda memiliki risiko yang jauh lebih tinggi untuk terkena diabetes jika Anda memiliki tingkat lemak jenuh dalam tubuh Anda. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari makanan yang mengadung lemak jenuh tinggi.

  1. Penuhi Kebutuhan Magnesium

Asupan tinggi magnesium diketahui bisa mengurangi risiko diabetes sebesar 10% secara keseluruhan. Anda bisa memenuhi kebutuhan magnesium harian dengan mengonsumsi alpukat, bayam, kacang-kacangan, dan ikan.

  1. Jalan Kaki

Sebuah studi di Amerika menunjukkan bahwa berjalan kaki 2 km sehari akan mengurangi risiko diabetes. Selain itu, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa berjalan 10 km dalam seminggu bisa mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 34% pada penderita diabetes.

  1. Buat Otot Tubuh Rileks

Jika Anda merilekskan otot tubuh Anda setelah menegangkannya selama 10 menit setiap hari, Anda secara signifikan dapat memperbaiki kadar gula darah terutama pada orang yang memiliki kadar gula darah tinggi.

sw5-2

Dikutip dari : health24.com

Gambar ilustrasi : obatjantungtradisional.com

Air Minum Quelle – Freshness Everyday

Informasi dan Pemesanan Hubungi

Telp : (0254)315003 / 085107094222

Email : kdtquelle@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *