Jagalah Kesehatan Ginjal Anda!

Cegah Diabetes dengan Rutin Konsumsi Buah Segar
December 1, 2015
7 Cara Untuk Mengontrol Gula Darah
December 4, 2015

Ginjal merupakan organ yang sangat penting dan memiliki peran vital untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Jika kondisi ginjal terganggu, maka akan mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Oleh karena itu, menjaga kondisi ginjal adalah suatu keharusan. Salah satu caranya adalah dengan menghindari hal-hal yang dapat merusak ginjal.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat mengganggu fungsi ginjal sehingga harus dihindari :

  1. Rokok

Rokok dapat mengganggu sirkulasi darah ke berbagai organ yang mana apabila sirkulasi tersebut terganggu, maka fungsi ginjal pun akan bermasalah.

  1. Alkohol

Dampak buruk alkohol terhadap tubuh memang sudah tidak perlu diperdebatkan lagi. Minuman keras bukan hanya bisa merusak fungsi hati tapi juga ginjal.

  1. Soda

Pada tahun 2008 dilakukan sebuah penelitian mengenai dampak soda pada tubuh. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa orang yang mengonsumsi 2 gelas soda atau lebih perharinya memiliki resiko besar untuk terkena penyakit ginjal kronis. Menurut The New York Times, minuman bersoda memiliki kandungan asam fosfat yang tinggi. Asam ini dikaitkan dengan batu ginjal dan masalah ginjal lainnya seperti gagal ginjal.

  1. Menahan buang air kecil

Kebiasaan menahan buang air kecil juga dapat mengganggu fungsi ginjal karena jika dilakukan dalam waktu yang lama bisa membuat kandung kemih tertekan dan hal ini tidak baik untuk ginjal.

  1. Kurang gerak

Olahraga selain baik untuk kesehatan secara keseluruhan juga dapat mencegah masalah pada ginjal. Menurut penelitian, melakukan aktivitas fisik atau berolahraga cukup dapat mengurangi resiko masalah ginjal sampai 30 persen.

  1. Kurang air minum

Memenuhi kebutuhan air minum sangatlah penting karena air dapat membuang racun dalam tubuj. Kurang minum dapat memicu penumpukan racun dalam darah sehingga dapat mengganggu fungsi ginjal.

  1. Kurang vitamin

Orang yang kekurangan vitamin khususnya vitamin B6 memiliki resiko mengalami gangguan pada ginjal. Untuk itu, Anda disarankan untuk menerapkan pola makan sehat dan diet yang seimbang. Beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi diantaranya kacang polong, ikan, dan kentang.

  1. Kekurangan mineral

Sama halnya dengan vitamin, kekurangan mineral tertentu juga dapat mempengaruhi fungsi ginjal. Mineral yang penting bagi kesehatan ginjal diantaranya magnesium dan kalsium. Apabila tubuh kekurangan magnesium, maka tubuh tidak dapat menyerap kalsium dengan baik. Jika kalsium tidak dapat diserap dengan optimal, maka hal ini bisa menyebabkan batu ginjal. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengonsumsi sayuran berdaun, buncis, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

  1. Mengonsumsi obat tertentu

Kebiasaan  mengonsumsi obat penghilang rasa sakit diketahui dapat mempengaruhi fungsi ginjal. Sebelum Anda mengonsumsi obat, Anda harus terlebih dahulu mengetahui efek samping dari obat tersebut.

  1. Kelebihan garam

Para ahli kesehatan mengungkapkan bahwa jika Anda mengonsumsi garam terlalu banyak, beban kinerja ginjal akan semakin berat karena ginjal kesulitan untuk membuang kelebihan garam dalam tubuh.

sw5-2

Dikutip dari : duniafitnes.com

Gambar ilustrasi : Quelle

Air Minum Quelle – Freshness Everyday

Informasi dan Pemesanan Hubungi

Telp : (0254)315003 / 085107094222

Email : kdtquelle@gmail.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *