5 Objek Wisata Cilegon Yang Wajib Dikunjungi

Kartini dan Kisah Hidupnya
April 21, 2016
5 Faktor Penyebab Buruknya Sistem Pendidikan di Indonesia
May 3, 2016

Bosan dengan suasana kota industri yang sibuk dan banyak polusi? Lima tempat wisata di Cilegon ini bisa jadi pilihan untuk menghabiskan akhir pekan Anda. Yuk disimak apa saja tempat  wisata tersebut.

  1. Gunung Batu Lawang

Di tengah hiruk pikuk kota Cilegon sebagai kota industri, Batu Lawang menawarkan suasana alam yang dapat menyejukan pikiran. Dari objek wisata Batu Lawang ini, kita bisa melihat siluet bukit Gunung Pinang, Menara Masjid Agung Cilegon, Waduk Krenceng, hingga siluet Gunung Karang di Pandeglang.

Gunung ini dinamakan Batu Lawang karena terdapat sebuah batu berbentuk seperti kodok berukuran besar dan berada di puncak gunung yang membelah dua gunung, yaitu Gunung Batur dan Gunung Gede. Kedua gunung ini adalah perbatasan antara Merak dan Bojonegara. Karena lokasinya yang membelah jalan dua gunung, maka tempat ini diberi nama Batu Lawang yang berarti batu yang sangat besar yang dijadikan pintu (Lawang dalam Bahasa Jawa berarti pintu).

Tempat wisata ini terletak di atas bukit di kawasan Merak. Tepatnya di kelurahan Gerem. Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata ini, dari pusat Kota Cilegon, ambil jalan ke arah Merak. Setelah melewati kantor imigrasi Cilegon di daerah Gerem, maju lagi sedikit sampai ke Indomaret di sebelah kanan jalan. Lalu, di sebelah Indomaret ada jalan masuk ke perkampungan. Masuklah ke jalan tersebut dan ikuti petunjuk ke Batu Lawang.

Perjalanan menuju puncak Gunung Batu Lawang yang berketinggian 100 meter ini biasanya ditempuh selama kurang lebih 1-2 jam dan memerlukan perjuangan karena medannya yang cukup terjal sehingga cocok bagi Anda penggemar olahraga hiking.

  1. Gunung Batur

Gunung yang terletak di Kecamatan Pulomerak ini, dapat ditempuh sekitar 20 menit dari pusat Kota Cilegon.Gunung ini menjadi salah satu tujuan utama wisata alam masyarakat Cilegon karena gunung ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan seperti : hiking, camping, studi flora dan fauna, hingga  jogging. Kondisi jalan di Gunung Batur dari bawah hingga mercusuar pun sudah cukup baik dan beraspal. Jika sudah berada di puncak Gunung Batur, kita dapat menikmati pemandangan Kota Cilegon yang sangat indah seperti pemandangan kawasan industri, Laut Selat Sunda, rumah penduduk yang berada di bawah, dan Pelabuhan Merak.

  1. Pulau Merak Besar & Pulau Merak Kecil

Pulau Merak Besar berlokasi kurang lebih 500 meter di depan Pelabuhan Merak. Pulau ini memiliki luas area sekitar 20 Ha. Di pulau ini, alamya masih asri dan tidak berpenghuni. Terdapat pula bebatuan dan koral situs Tsunami Gunung Krakatau tahun 1883. Sedangkan Pulau Merak Kecil berlokasi kurang lebih 1 km disebelah barat daya Pelabuhan Merak dan dapat ditemptuh dengan menggunakan perahu motor selama 10 menit. Pulau ini memiliki luas areal 4,62 Ha dan merupakan gugusan dari Pulau merak besar. Selain sebagai destinasi wisata di Kota Cilegon gugusan pulau ini juga menjadi gugus penghalang ombak laut yang melindungi Pelabuhan Merak dari terjangan ombak selat sunda. Untuk menuju ke dua Pulau Merak ini, kita bisa naik perahu motor dari dermaga Mabak di belakang Polsek Merak dan tarifnya hanya Rp10.000 untuk ke Pulau Merak Kecil, dan Rp20.000 untuk ke Pulau Merak Besar. Tarif ini berlaku untuk pulang pergi.

  1. Pantai Kelapa Tujuh

Pantai ini berlokasi di daerah Merak. Tepatnya 9 Km dari pintu Tol Jakarta-Merak ke arah utara Pelabuhan Merak. Selain menawarkan pesisir pantai yang landai, Pantai Kelapa Tujuh juga menawarkan kerindangan yang khas karena tepat berada di balik lereng Gunung Batur. Garis pantai di Pantai Kelapa Tujuh ini memang tidak begitu panjang namun pantainya cukup asri. Selain itu, di Pantai Kelapa Tujuh ini juga Anda dapat melihat kapal-kapal tongkang dan perahu nelayan lalu lalang di sekitar perairan lepas pantai. Tak hanya itu, dari kejauhan Anda juga dapat memandang kokohnya cerobong-cerobong asap milik Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Suralaya.

  1. Pantai Anyer

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan objek wisata ini. Objek wisata Pantai Anyer sebenarnya masuk ke dalam wilayah Kabupaten Serang tetapi karena aksesnya yang lebih dekat dengan Kota Cilegon, pantai ini sering dimasukkan sebagai objek destinasi wisata yang ditawarkan saat mengunjungi Kota Cilegon. Nama Anyer ini diambil dari nama kecamatan di Kabupaten Serang karena di kecamatan ini sebagian besar areanya ada di kawasan bibir pantai. Karena sebagian besar daerahnya adalah pantai, maka pantai-pantai yang ada di Kecamtan Anyer ini disebut sebagai Pantai Anyer.

SW5-1

Dikutip dari berbagai sumber  diantaranya : Wikipedia Indonesia , www.nurulnoe.com, www.biem.co

Air Minum Quelle – Freshness Everyday

Informasi dan Pemesanan Hubungi

Telp : (0254)315003 / 085107094222

Email : kdtquelle@gmail.com

 

 

Comments are closed.