Sering Merasa Lelah? Kenali 9 Penyebabnya!

AWAS! Kebiasaan-Kebiasaan Ini Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan
November 23, 2015
Cegah Diabetes dengan Rutin Konsumsi Buah Segar
December 1, 2015

Sebelum Anda bertindak lebih jauh untuk mengatasi kelelahan, ada baiknya Anda mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa penyebab kelelahan seperti yang dikutip dari Web MD.

  1. Apa yang Anda makan

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kafein dan gula dapat membuat tubuh menjadi lebih lelah karena fluktuasi gula darah yang tidak terkendali. Jadi, konsumsilah makanan yang seimbang seperti sayur, buah, dan protein.

  1. Lama tidur

Hindari kafein dan alkohol, matikan TV, dan ciptakan suasana tenang di kamar Anda sebelum tidur. Karena banyak orang tidak mendapatkan tidur cukup dan berkualitas.

  1. Seberapa banyak berolahraga

Banyak orang yang mengira dengan olah raga maka tubuh akan lelah. Padahal sebenarnya lebih baik jika Anda berolahraga daripada tidak melakukan apa-apa, karena faktanya semakin banykak Anda bergerak semakin banyak energi yang Anda dapatkan. Para ahli menyarankan untuk setidaknya berolahraga tiga jam sebelum tidur, sehingga Anda memiliki waktu tidur yang baik.

  1. Anemia

Menurut Sandra Fryhofer, MD, seorang profesor ilmu pengobatan dari asosiasi klinis Emory University, anemia merupakan penyebab kelelahan yang sangat umum dan sangat mudah memerikasanya melalui tes darah sederhana. Anemia dapat diatasi dengan diet kaya zat besi, memperbanyak makan daging, sayuran berdaun hijau gelap, atau suplemen.

  1. Masalah Tiroid

Kelebihan dan kekurangan tiroid dapat menyebabkan kelelahan. Untuk membantu mengevaluasi fungsi tiroid Ada dapat dilakukan dengan melakukan tes darah.

  1. Diabetes

Jika Anda merasa sangat lelah, penglihatan yang kabur, dan banyak buang air kecil, segeralah periksakan diri Anda ke dokter. Karena bisa jadi, ini adalah tanda penyakit diabetes.

  1. Kekurangan Nutrisi

Kekurangan nutrisi seperti kalium dapat membuat Anda mudah lelah. Untuk mengetahuinya Anda bisa melakukan tes darah.

  1. Depresi

Jika Anda kelelahan disertai dengan kehilangan nafsu makan dan kesedihan, bisa jadi Anda sedang mengalami depresi. Lebih baik datangi ahli psikologis untuk membantu  Anda merasa lebih baik.

  1. Penyakit Jantung yang Tidak Terdiagnosis

Menurut dr Fred kelelahan dapat menjadi tanda masalah jantung, terutama pada wanita. “Jika Anda mengalami masalah dengan latihan yang Anda kerjakan dengan mudah, atau jika Anda mulai merasa tidak enak ketika Anda berolahraga, ini bisa menjadi bendera merah untuk masalah jantung. Jika ragu, pergilah ke dokter,” tutur Fred.

Jika Anda sudah mengetahu kemungkinan penyebab kelelahan yang Anda rasakan segera atasi dengan cara yang tepat. Anda bisa memulai tindakan itu dari hal-hal kecil seperti memperbaiki pola tidur, pola makan, dan tingkat aktivitas Anda. Karena perbaikan pola hidup seringkali adalah jawaban dari suatu masalah kesehatan.

sw5-2

Dikutip dari : Web MD

Gambar ilustrasi : Google

Air Minum Quelle – Freshness Everyday

Informasi dan Pemesanan Hubungi

Telp : (0254)315003 / 085107094222

Email : kdtquelle@gmail.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *