5 Akibat Jika Kurang Minum Air Putih

Dehidrasi kah Anda?
November 9, 2015
4 Makanan dan Minuman Penghilang Stres
November 20, 2015

Banyak orang malas minum air putih, padahal air merupakan komponen terbesar yang dibutuhkan dalam tubuh manusia. Hal ini sering terjadi pada orang yang tinggal di tempat atau ruangan yang dingin, dengan alasan mereka  tidak haus. Sebaiknya jangan turutu keinginan untuk malas minum air putih.

Air adalah zat gizi penting pada tubuh yang berperan sebagai katalisator, pelarut, pelumas, pengatur suhu tubuh, dan sebagai penyedia elektrolit dan mineral dalam tubuh.

Menurut Prof. Hiromi Shinya MD, pakar enzim dan guru besar kedokteran di Albert Einstein College of Medicine, meskipun setiap orang memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda, namun orang dewasa dianjurkan untuk minum air putih 6 hingga 8 gelas perhari atau setara dengan 1,5 – 2 liter per hari.

Kurangnya asupan air setiap hari dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, beberapa diantaranya adalah :

  1. Menurunkan konsentrasi

Otak manusia memiliki komposisi yang terdiri atas cairan. Apabila otak tidak mendapatkan asupan air yang cukup, maka bisa mengganggu fungsi kognitif (kepandaian). Hal ini akan membuat seseorang menjadi mudah lupa dan kurang konsentrasi.

  1. Menyebabkan halusinasi bahkan kematian

Dehidrasi atau kekurangan cairan dapat menyebabkan gejala ringan seperti sakit kepala, tenggorokan kering, dan denyut nadi cepat. Selain itu dehidrasi pun dapat menyebabkan halusinasi bahkan kematian.

  1. Menyebabkan infeksi kandung kemih

Kurang minum bisa membuat bakteri dalam tubuh tidak dapat keluar sehingga rentan terhadap infeksi seperti infeksi kandung kemih. Adapun gejala infeksi kandung kemih dapat berupa suhu badan tinggi, nyeri saat buang air kecil, perasaan tidak dapat menahan buang air kecil, bahkan terdapat darah dalam urine.

  1. Membuat kulit menjadi kusam

Kurang minum air putih dapat membuat kulit menjadi kusam karena aliran darah kapiler di kulit tidak maksimal.

  1. Mengganggu fungsi ginjal

Air dapat membantu mempermudah proses peluruhan kompoen pembentuk  batu ginjal sehinnga bisa keluar bersama urin saat buang air kecil.Karenanya kurang minum air putih dapat mengganggu fungsi ginjal.

Jadi, penuhilah kebutuhan air putih harian Anda agar terhindar dari masalah-masalah tersebut.

sw5-2

Dikutip dari : Wolipop
Gambar ilustrasi : google

Air Minum Quelle – Freshness Everyday

Informasi dan Pemesanan Hubungi

Telp : (0254)315003 / 085107094222

Email : kdtquelle@gmail.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *